Perang Puputan

Peristiwa yg berada di Bali. Menghadapi rakyat Bali, Belanda mengerahkan ekspedisi militer secara besar-besaran. Ekspedisi pertama dilakukan pada tahun 1846 dengan kekuatan 1.700 tentara. Pada serangan pertama pasukan Belanda mengalami kegagalan. Untuk menghadapi ekspedisi Belanda, I Gusti Ketut Jelantik membangun benteng di Jagaraga. Kegagalan tersebut membuat Belanda membuat ekspedisi yang ke dua pada tahun 1848. Pertempuran berkobar di sekitar benteng  jagaraga. Dalam pertempuran ini pasukan Belanda gagal menaklukkan benteng jagaraga.

Pada ekspedisi ke tiga tahun 1849 Belanda mengerahkan pasukan yang lebih besar yaitu 4.000 tentara dengan 3.000 pasukan tenaga pengangkut. Untuk menghadapi Belanda yg dengan kekuatan lebih besar, I Gusti Ketut Jelantik bersama pasukannya mengobarkan semangat Perang Puputan. Puputan yang dimaksud adalah perang sampai dengan titik darah penghabisan.

Dalam perlawanannya I Gusti Ketut Jelantik lebih memilih gugur di Medan peperangan dari pada menyerah terhadap Belanda. Akhirnya pun Belanda berhasil dapat menguasai benteng jagaraga. Sejak itupun, perlawanan rakyat Bali mulai mengendur. Satu persatu pun kerajaan di Bali berhasil di taklukkan Belanda. dan pada tahun 1908 Belanda menaklukkan kerajaan Klungkung. Dengan begitu seluruh Bali berhasil dikuasai oleh pemerintah Belanda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Peran Sutan Syahrir ( Sutan Syahrir's role )

Masa Pemerintahan Presiden B.J.Habibie, (The Period of Government of President B.Jababie )

Penyebab Perlawanan Mangkubumi dan Mas Said