Pakta Warsawa

Apa itu Pakta Warsawa,? Pakta Warsawa yaitu sebuah sistim pertahanan. Pada 14 mei 1955 Uni Soviet dan negara-negara blok timur menandatangani pembentukan suatu Pakta pertahanan di Warsawa, Polandia. Dan disebut juga dengan Pakta Warsawa atau Pact Of Mutual Asisstence and Unifield Command (PMAUC), yang digagas oleh Nikita Khrushchev yang dilatarbelakangi oleh peristiwa integrasi Jerman barat dalam NATO melalui ratifikasi persetujuan Paris.

Pakta Warsawa dibentuk untuk tujuan mengimbangi keberadaan NATO dan mengorganisasikan diri terhadap kemungkinan ancaman NATO. Anggota Pakta Warsawa yaitu Uni Soviet, Bulgaria, Rumania, Jerman timur, Hungaria, Polandia, dan Cekoslovakia. Anggota tersebut bersepakat ketika salah satu anggota jika diserang lawan dan tidak campur tangan dalam urusan internal anggotanya maka Pakta Warsawa akan membela.

Pada 1980 Pakta Warsawa dilanda masalah perlambangan ekonomi. Pada akhirnya 1980-an perubahan politik di sebagian negara anggota menyebabkan tidak efektif. Pada September 1990 Jerman timur meninggalkan Pakta Warsawa dalam persiapan untuk reunifikasi dengan Jerman barat. Dan pada akhirnya 31 marMa 1991 Pakta Warsawa dibubarkan secara resmi dalam pertemuan di kota Praha.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Peran Sutan Syahrir ( Sutan Syahrir's role )

Masa Pemerintahan Presiden B.J.Habibie, (The Period of Government of President B.Jababie )

Penyebab Perlawanan Mangkubumi dan Mas Said