Penyebab Perlawanan Mangkubumi dan Mas Said

Penyerahan wilayah sekitar pantai Utara pulau Jawa kepada VOC menimbulkan persoalan baru. Penyerahan tersebut menyebabkan pemasukan upeti kerajaan menurun dan Mataram kehilangan kekuatan di pesisir Utara. Keberadaan VOC di pantai Utara juga menyebabkan penderitaan rakyat. Oleh karena itu, Raden Mas Said melakukan pemberontak terhadap kerajaan Mataram dan VOC.

Perlawanan Raden Mas Said cukup merepotkan Mataram dan VOC. Pasukan Mataram yang dibantu oleh VOC merasa kewalahan mengatasi perlawanan Raden Mas Said tersebut. Dalam kondisi demikian, pakuwubono II akhirnya membuat sayembara. Dan serentak pangeran Mangkubumi dan pasukannya segera menuju Sukowati untuk menumpas pasukan Raden Mas Said. Akhirnya pangeran Mangkubumi berhasil memadamkan pemberontakan tersebut.

Keberhasilan pangeran Mangkubumi menumpas perlawanan Raden Mas Said memberikan hak bagi dirinya untuk menerima hadiah atas tanah di Sukowati. Akan tetapi, janji pakuwubono II tidak ditepati karena bujukan Patih pringgoloyo. Ia menghasut pakuwubono II agar membatalkan niat memberi hadiah tersebut. Keadaan ini membuat konflik antara pangeran Mangkubumi dan Patih pringgoloyo. Konflik semakin memanas setelah Gubernur jendral Van Imhoff menyinggung perasaan pangeran Mangkubumi. Gubernur jenderal Van Imhoff menyatukan usaha pangeran Mangkubumi untuk menumpas pemberontak Raden Mas Said hanya demi mendapatkan hadiah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Peran Sutan Syahrir ( Sutan Syahrir's role )

Masa Pemerintahan Presiden B.J.Habibie, (The Period of Government of President B.Jababie )